Monday 2 December 2013

INTERVIEW KE DALAM

Hidup ini adalah perbuatan  
Yang terpenting dalam hidup ini adalah perbuatan
Alias karma, membuat karma

Perbuatan tidak hanya mencakup laksana
Tapi juga wicara dan manah atau pikiran
Kayika, wacika, manacika

Kalau kita memang percaya Pencipta itu ada
Maka yang membedakan kita denga orang lain di mata Pencipta 
Adalah apa perbuatan kita
Apa karma yang telah kita perbuat 
Bukan dari siapa kita lahir
Bukan berapa kekayaan kita 
Bukan apa kasta kita 
Bukan apa ras kita 
Bukan apa agama kita 
Tapi apa perbuatan yang telah kita lakukan.  

Dalam hidup ini kita harus berbuat
Diam juga termasuk dalam berbuat 
Namun hendaknya jangan menyia-nyiakan (dalam diam) 
Kelebihan yang telah dianugrahkan oleh Pencipta kepada kita 
Setiap orang punya kelebihan masing-masing
Berbuat, berkarma, untuk kebaikan diri sendiri 
Maupun orang banyak 
Dan alam semesta

Bahwa perbuatan kita akan memperoleh hasil 
Hasil yang setimpal 
Bahwa karma akan memperoleh pahala 
Pahala yang setimpal 


Pahala bukanlah upah 
Tapi merupakan akibat dari suatu perbuatan 

Perbuatan kita
Merupakan usikan terhadap inersia alam
Dan alam akan menjaga kekekalannya
Meneruskan usikan kembali kepada asalnya

Kalau semua yang kita alami saat ini 
Merupakan akibat dari perbuatan kita 
Berarti kitalah yang menentukan nasib kita sendiri 
Kitalah yang bertanggung jawab atas diri kita sendiri
Berarti dalam diri kita ada Sang Penyebab 
Yang menyebabkan kita bisa berbuat
Berarti Sang Penyebab juga ada di dalam diri anda 
Dan semua orang 
Karena hukum perbuatan ini tidak hanya berlaku untuk manusia 
Tapi berlaku untuk semua yang bisa berbuat
Berarti Sang Pencipta juga ada di dalam entitas tersebut

Apa yang menyebabkan kita bisa hidup? 
Nafas? 
Bukan nafas! 
Tapi penyebab yang membuat kita bisa bernafas
Dia ada dalam diri kita

Apakah hukum karma merupakan jawaban dari misteri kehidupan ini? 
Kita mungkin meyakini bahwa perbuatan akan menerima akibatnya 
Meyakini bahwa apa yang kita alami saat ini adalah hasil dari perbuatan kita 
Tapi tetap saja menyisakan pertanyaan 
Kapan kita berbuat sehingga harus mengalami lahir yang berbeda dengan orang lain? 

Berarti aku pernah hidup sebelum kehidupan (kelahiran) saat ini 
Berarti setelah kehidupan ini 
Akan ada kehidupan yang serupa lagi 

Bagaimana itu bisa terjadi 
Sedangkan aku mengalami kematian? 
Bagaimana aku yang sudah mati menjadi hidup lahir kembali? 
Berarti ada yang tak pernah mati dari diriku 
Badan yang terdiri dari daging dan tulang ini 
Suatu saat akan mati 
Namun ada yang tidak pernah mati 
Ada yang hidup terus 
Yang tidak terlihat oleh mata kasar 
Yang dsebut dengan ruh, jiwa, atma atau yang sejenismya 

Bahwa atma ini akan memperoleh badan baru 
Lahir membawa pahala dari karmanya 
Membawa akibat dari perbuatannya dari kehidupan sebelumnya 

Jadi siapa yang sebenarnya aku? 
Aku sejatinya adalah yang bersemayan dalam badan kasar ini 
Badan kasar ini hanyalah sementara 
Badan halus yang bersemayan di dalam badan kasar ini 
Yang kekal adanya

Sampai kapan aku harus terus berputar? 
Singgah kembali ke alam kehidupan dunia ini? 
Terlahir dalam badan-badan kasar yang baru? 
Kapan aku bisa menghentikan ini?

Pada saat aku tidak terikat lagi dengan dunia ini 
Pada saat aku bisa membebaskan diri dari kemelekatan terhadap dunia ini 
Karena aku ingin bebas dari kemelekatan 
Maka aku harus berbuat karma 
Yang merupakan perbuatan bebas dari kemelekatan 

Hasil kebebasan 
Hasil merdeka 
Adalah akibat dari perbuatan merdeka ku  

Pada saat tak ada lagi 
Pada saat habisnya akibat 
Dari perbuatan yang mengandung kemelekatan 
Sehingga hanya tersisa akibat dari karma 
Yang bebas dari keterikatan 
Maka kebebasan sejati akan tercapai 
Maka tujuan akhir dari perjalanan, telah tercapai 
Terbebas dari perjalanan samsara, 
Perjalanan bolak-balik ke dunia materi ini 
Roh terbebas 
Atma mencapai pembebasan

Kemana aku pergi setelah aku terbebas? 
Aku pergi kembali ke tempat asalku 
Air hujan yang jatuh dari langit 
Setelah melewati perjalanan sepanjang aliran air 
Akan kembali ke asalnya: lautan yang luas 
Sumber dari air 
Menyatu dengan semua air-air dari tempat lain 
Menyatu di lautan







No comments:

Post a Comment