Sunday 2 June 2013

N A M A S T E




Namaste merupakan salam yang diucapkan saat seseorang bertemu dengan orang lain. Saat mengucapkan Namaste, orang mengambil sikap Anjali, yaitu posisi kedua telapak tangan dicakupkan rapat didepan dada, jari tangan mengarah ke atas, boleh juga dibarengi dengan sedikit membungkukkan badan, lalu mengucapkan kata “Namaste”. Sikap salam yang juga banyak dipakai pada umum nya adalah dengan berjabat tangan, atau dengan cium pipi kanan dan kiri.  Bedanya, dengan sikap anjali dala salam Namaste, kedua belah pihak tidak bersentuhan secara fisik saat mengucapkan salam.


Pada saat kita mengucapkan salam Namaste, kita menghormati dengan kasih dan damai, Jiwa, roh, atman yang ada di dalam diri orang yang kita temui. Jiwa, roh atau atman ini merupakan bagian dari Tuhan – Barhman, energi  suci yang bersemayan di dalam diri setiap manusia, dan di dalam setiap mahluk hidup ciptaanNya. Brahman dan Atman, sama dan berbeda pada saat yang sama. Brahman ada di luar dan di dalam setiap ciptaannya. Kita semua berasal dari energi yang sama. Dalam diri kita, ada energi suci yang sama yang berasal dari sumber yang sama.

Namaste berasal dari bahasa Sanskerta. Yang terdiri dari dua kata, yaitu “Namah” dan “te”. Namah artinya membungkuk, merendah, salam hormat, menghargai, dengan tulus dan mengalahkan ego, ataupun rasa superiority.  Sedangkan “te” artinya  “kepada anda”.



Sikap anjali, juga bisa dilakukan tanpa pengucapan kata Namaste, dan tetap memberi arti yang sama.



No comments:

Post a Comment